Posted in Swasta

Ada banyak jenis pinjaman yang dapat dipilih oleh masyarakat, salah satu jenisnya adalah pinjaman tanpa agunan. Ia tersebut sebenarnya bukan Jenis terbaik dari jenis pinjaman yang ada, karena tingkat suku bunganya sangat tinggi dibandingkan dengan pinjaman lain.

Pinjaman tidak bercagar adalah pinjaman yang tanpa menggunakan jaminan. Seseorang yang memperoleh pinjaman tanpa jaminan setuju untuk membayar kembali pinjaman tersebut dalam jangka waktu yang telah ditentukan dan menandatangani dokumen yang berkaitan dengan perjanjian tersebut.

Jadi, resiko terlibat dalam pinjaman tidak bercagar sangat tinggi dibandingkan dengan pinjaman lainnya karena tidak adanya jaminan apapun. Pemberi pinjaman telah memberikan wang tanpa ada jaminan apapun.

Jadi, tingkat bunga yang diberikan menjadi sangat tinggi. Biasanya orang yang memiliki properti atau rumah menghindari mengambil pinjaman tanpa agunan ini, karena mereka dapat memberikan pemberi pinjaman rumah atau properti sebagai ekuitas sehingga dapat memperoleh tingkat bunga yang lebih rendah.

Pinjaman Tanpa Agunan

Tapi ketika seseorang tidak memiliki properti dan tidak dapat memperoleh pinjaman dengan agunan, maka pinjaman tidak bercagar dengan tingkat bunga tinggi menjadi pilihan yang ada.

Keuntungan dari jenis pinjaman ini bagi pelanggan adalah bahwa mereka bisa didapat tanpa modal dan tidak ada resiko. Tapi dalam jangka panjang sebenarnya merugikan karena tingkat bunganya sangat tinggi dibandingkan dengan Jenis pinjaman lainnya.

Jenis-jenis Pinjaman Tanpa Agunan

Ada banyak jenis kredit tanpa jaminan yang tersedia di pasar. Jika seseorang yang meminjaman kredit tanpa agunan tetapi pengembaliannya buruk, maka dia harus menghadapi penalti. Hukumannya dapat berupa peningkatan tingkat bunga. Dapat juga berupa denda dalam jumlah tertentu.

Ini juga dapat menjadi catatan buruk anda dalam sejarah kredit macet ia, yang tentu akan memberikan kesan negatif terhadap sejarah kredit yang anda miliki.

Jadi, Anda akan menghadapi kesulitan di masa depan untuk memperoleh pinjaman dan bila bisa diperoleh pun tingkat bunganya akan sangat tinggi sehingga sangat berbahaya dalam jangka panjang. Jadi kita harus mencoba hal terbaik untuk menghindari sejarah kredit yang buruk sehingga dapat menghindari masalah di masa yang akan datang.

Banyak perusahaan di seluruh dunia mengeluarkan pinjaman tanpa agunan. Pinjaman ini yang paling sederhana adalah pinjaman pribadi dari teman atau anggota keluarga, dengan surat hutang sebagai kesepakatan atau perjanjian untuk membayar kembali pinjaman tersebut.

Jenis pinjaman tidak bercagar ini sebaiknya dipertimbangkan terlebih dahulu, baik seseorang adalah sebagai pemberi pinjaman atau sebagai peminjam. Jumlah pinjamanan yang besar dan belum mampu dibayar dapat merusak hubungan peminjam dengan keluarga atau teman.

Entah pemberi pinjaman atau peminjam mungkin tidak puas dengan tingkat bunga pinjaman, dan ada sedikit jalan tapi kecil kemungkinan smpai terjadi klaim ke pengadilan jika pinjaman ini belum dibayar.

Jenis lain dari pinjaman ini adalah pembelian menggunakan kartu kredit. Setiap kali seseorang membeli sesuatu menggunakan kartu kredit, dia menandatangani formulir yang mengotorisasi pembayaran dan berdiri sebagai suatu perjanjian untuk membayar wang pinjaman.

Ketika seseorang mendapatkan fasilitas kartu kredit, berarti syarat dan ukuran pinjaman telah ditentukan dan disetujui sebelumnya. Penggunaan kartu kredit merepresentasikan perjanjian pada syarat yang telah ditetapkan oleh perusahaan kartu kredit.

Wang tidak dipinjamkan berdasarkan agunan, seperti rumah atau kepemilikan properti. Perusahaan kartu kredit hanya memiliki perjanjian peminjam untuk membayar dana yang dipinjam. Jika pinjaman tidak dibayar dalam waktu yang tepat, maka biaya tambahan dapat dikenakan, akun tersebut dapat dikirim ke koleksi, dan proses hukum dapat diambil terhadap peminjam.

Pikirkan Secara Matang Sebelum Anda Mengajukan Pinjaman Tanpa Agunan

Jika peminjam tidak mampu membayar kembali pinjaman tidak bercagar tersebut karena penurunan dalam kemampuan financial yang signifikan, maka mengklaim kebangkrutan dapat menghentikan proses koleksi.

Perusahaan kartu kredit tidak dapat, dalam banyak kasus, meminta peminjam menjual aset yang dia memiliki untuk membayar pinjaman tersebut setelah klaim pailit ini disetujui.

Namun, mengklaim kebangkrutan dapat merusak peringkat kredit dan membuat bank tidak bersedia untuk menawarkan seseorang pinjaman ini di masa depan.

Bank juga dapat menawarkan jenis pinjaman ini kepada peminjam. Biasanya, baik bank dan perusahaan kartu kredit menilai kelayakan peminjam sebelum menyerahkan wang tunai tanpa jaminan.

Mereka yang memiliki nilai kredit yang lebih rendah cenderung kurang memiliki kemungkinan untuk mendapatkan pinjaman ini, dan jika mereka bisa mendapatkan satu pinjaman, mereka dapat dikenai suku bunga yang tinggi karena pemberi pinjaman mengambil resiko yang lebih besar.

Biasanya, besar pinjaman tidak bercagar yang diberikan tidak terlalu besar, mungkin untuk satu kali biaya pengobatan atau untuk liburan. Ketika kredit seseorang bagus, maka disarankan untuk memilih pinjaman tanpa agunan dengan tingkat suku bunga terbaik.